MAKANAN KHAS KALIMANTAN BARAT

Pisang Goreng Pontianak


Bila Anda berkunjung ke Kota Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, jangan lupa menikmati salah satu menu andalan daerah yang dijuluki dengan Kota Khatulistiwa ini, yaitu pisang goreng Pontianak. Sebab, pisang goreng Pontianak telah menjadi ikon wisata kuliner kota yang berada di tepi Sungai Kapuas tersebut, di samping aneka makanan dan minuman yang berbahan dasar daun lidah buaya (aloe vera) tentunya.
Pisang goreng asli Pontianak disayat tipis-tipis menjadi 4 hingga 7 potong, di mana bentuknya menyerupai sebuah kipas. Seiring dengan berjalannya waktu, pisang goreng Pontianak juga mengalami “modifikasi”. Salah satu dari modifikasi tersebut adalah dua buah pisang dijadikan satu dan lalu digoreng, sehingga terkesan lebih besar dari sebelumnya yang hanya terdiri dari satu buah pisang. Begitu juga dengan bentuknya, yang tidak mesti menyerupai sebuah kipas, tapi bisa juga seperti fried chicken, crispy nugget, atau ayam kremes.

Maka, bagi Anda yang berada di Kota Pontianak, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pisang goreng yang sudah terkenal ke berbagai kota di Indonesia dan luar negeri ini, seperti Malaysia dan Belanda.

Pengkang


 

Pengkang adalah makanan khas juga Kalimantan Barat. Namun menemukan pengkang tidak begitu mudah meski tidak begitu sulit. Maksudnya, makanan ini masih jarang ada yang menjual, namun yang terkenal sudah ada disini. Tempat makan yang tak pernah sepi dari pengunjung.
Pengkang adalah sejenis makanan seperti ketan dimana di dalamnya ada isi. Seperti sambal udang begitu. ketan itu nantinya di bungkus lalu di bakar. cara makannya cukup di cocol ama sambal pengkang yang pedasnya bener-bener hot. 
 
Air Lidah Buaya


Kalimantan Barat memang terkenal dengan hasil aloe vera atau lebih di kenal dengan lidah buaya. Bahkan Kalimantan Barat telah meng-ekspor hasil aloe vera-nya ke Jepang. Nah aloe vera sendiri bisa di olah dan di sini menjadi minuman khas orang Pontianak.
Di Pontianak terkenal juga dengan jenis tanaman ini, byk dibudidayakan…dan memang daunnya-batangnya…(bingung namainnya) itu gede2 bangets, bisa segede kaki orang dewasa gendut…disana diolah dan dikemas dengan baik…sudh jadi home industry gt…salah satu olahannya ya es lidah buaya ini, trus ada dodol lidah buaya, manisan lidah buaya, sama cocktail (sejenis nata de coco)..seger lho..katanya sih baik untuk pencernakan…selain itu juga sebagai bhn kosmetik dan obat2n…
  
Oya…bukan yg warna kuning ya, itu sih es jeruk peras khas kalimantan..beda lho rasanya sama jeruk2 di jawa
yach kapan lagi bisa kesana ya…sebenarnya banyak sekali cerita tentang tanah pontianak ini…ntar lain waktu dan lain mood
Nuwun 

 
Bubur Pedas Khas Sambas


Jika kita berkunjung ke Kalbar,tidak syah rasanya jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah Sambas yang terkenal itu,yaitu BUBUR PEDAS ..mmm..mmm..enak sekali!!! apalagi bagi yang menyukai sayuran pasti akan rindu dan rindu masakan ini lagi.Tetapi agak sulit menemukan menu bubur pedas di Pontianak,saya pun kurang mengerti kenapa makanan seenak dan mengandung banyak gizi ini seolah kalah dengan makanan2 lain sejenis seperti bakso,atau bakmi???

Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng, kemudian diberi bumbu2 seperti bawang merah,bawang putih,lada hitam,sere,daun salam tak lupa garam dan gula.Bumbu2 tersebut ditumbuk halus kecuali sere,daun salam tentunya,lalu dioseng juga seperti beras tumbuk.Kemudian bumbu dimasukkan kedalam air mendidih yang kita isi dengan daging atau tetelan tulang sapi, bersama dengan beras tumbuk.
Setelah beras dan bumbu tercampur kedalam kaldu sapi,maka kita masukkan berbagai macam sayuran seperti kangkung,daun pakis,jagung yang telah dipipil,kentang,daun kunyit dan daun kesum (untuk daun kesum mungkin terasa asing dan hanya ada di Kalbar)daun kesum ini membuat bubur pedas beraroma khas tetapi jika terlalu banyak juga terasa tidak enak bubur pedas nantinya.Apabila telah masak maka bubur pedas siap dihidangkan bersama dengan krupuk,kacang tanah goreng,kecap manis,sambal dan bawang goreng,serta tambahkan pula perasaan air jeruk sambal....mmmmmm....mmmmm...dimakan selagi hangat..nikmat sekali!!!Yuk main ke Kalimantan friends!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Sample

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

tito anak west borneo
saya orangnya baik hati dan tidak sombong.
Lihat profil lengkapku

Followers

Fish